2/20/2016

Resensi American Crime Story: The People Vs. O.J. Simpson Episode 1 & 2


Siapakah O.J. Simpson? Bagi generasi yang lahir pasca reformasi, O.J. Simpson mungkin dianggap masih satu darah dengan Bart, Homer atau Lisa Simpson dari serial The Simpsons. Bukan, O.J. Simpson yang memiliki nama lengkap Orenthal James Simpson adalah mantan atlet american football, aktor, dan narapidana kasus perampokan. Sebelum dipidana karena merampok pada tahun 2008, Simpson pernah menjalani persidangan atas tuduhan membunuh mantan istrinya, Nicole Brown Simpson, dan Ron Goldman, pelayan yang juga teman baik Nicole. Ryan Murphy dan Brad Falchuk, duo sineas brilian kreator serial Glee dan American Horror Story menjabat sebagai produser eksekutif dalam serial yang dibintangi Cuba Gooding Jr, John Travolta, Sarah Paulson, dan Jason Schwimmer ini. Dengan deretan aktor serta aktris mentereng, sespektakuler apakah American Crime Story?

Episode 1: From the Ashes of Tragedy

Tanggal 13 Juni 1994, dunia dikejutkan oleh pembunuhan Nicole Brown Simpson dan Ron Goldman. Keduanya ditemukan tak bernyawa di pekarangan rumah Nicole. O.J. Simpson (Cuba Gooding Jr.), mantan suami Nicole, dituding melakukan pembunuhan tersebut. O.J. menyewa tim kuasa hukum yang terdiri atas Robert Shapiro (John Travolta) dan Robert Kardashian (Jason Schwimmer). Kasusnya dieskpos banyak media massa. Bahkan ketika O.J. Mendatangi upacara pemakaman sang mantan istri, banyak wartawan dan reporter yang meliput.

Serial TV yang baik adalah serial yang membuat penontonnya antusias menunggu episode selanjutnya. American Crime Story berhasil melakukan itu. Saya yang tidak tahu seluk-beluk kehidupan O.J. Simpson merasa penasaran dengan episode penerusnya. O.J. Simpson “dikenalkan” pada penonton dengan cara yang ringan namun serius. Cara seperti itu sangat memudahkan penonton yang tidak mengetahui sosok O.J. Simpson seperti saya. Penampilan Cuba Gooding Jr. Sebagai pria tempramental yang rapuh dapat mengikat emosi penonton, meski tubuhnya tidak terlihat seperti atlet. Saya rasa Cuba Gooding lebih pantas memerankan pria kurang gizi di daratan Afrika daripada menjadi atlet karena tubuhnya yang kurus .


Episode 2: The Run of His Life

O.J. Simpson menaiki Ford Bronco putih dan sedang dalam pengejaran polisi. Robert Kardashian dihadapkan pada masa-masa genting. Johnnie Cochran (Courtney B. Vance) terus mengamati kasus O.J. dan Marcia Clarke (Sarah Paulson), jaksa penuntut kasus pembunuhan Nicole, marah akibat pengejaran polisi terhadap O.J. Simpson yang tak kunjung usai.

Tempo The Run of His Life berjalan lebih cepat dari episode pendahulunya. O.J. Simpson dan sahabatnya, A.C., mendapat porsi lebih banyak dari karakter-karakter lainnya. Penonton mulai bisa memahami sosok Robert Kardashian. Pengacara yang juga sahabat O.J. itu berhasil mencuri perhatian walau bukan fokus utama cerita. Robert Shapiro tidak terlalu banyak dibahas pada episode kedua. Jika saja tokoh yang diperankan oleh John Travolta itu diberi kesempatan tampil lebih bayak, mungkin episode kedua akan lebih menarik.


Bagi generasi yang hidup di zaman Jokowi atau Ahmad Dhani, keluarga Kardashian populer sebagai keluarga mewah yang bergelimang harta sekaligus bergelimang dosa. Rumah seluas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), mobil dua pintu yang pintunya bisa terbuka seakan-akan pintunya patah, tas tenteng berhias berlian dan seperangkat alat sholat dibayar tunai, perawatan wajah seharga dua rumah dan dua mobil, masih banyak kekayaan harta yang dimiliki keluarga Kardashian. Konon, Kim Kardashian mendapat jutaan dollar dalam sekali pemotretan sebagai model sampul majalah Paper. Sebagian besar dari foto tersebut memperlihatkan aurat sang model. Betapa hebatnya keluarga Kardashian, melakukan dosa saja dibayar. Walau terlihat kaya raya, sebelum menjadi keluarga berkantong tebal seperti sekarang, keluarga Kardashian adalah keluarga biasa. Tidak terlalu kaya juga tidak terlalu miskin. Ayah dari keluarga Kardashian, Robert, banyak mengajarkan kepada putra-putrinya untuk tidak mementingkan harta. Bahkan Robert tidak suka disorot kamera televisi. Baginya, ketenaran dapat menjerumuskan manusia. Sangat disayangkan kondisi keluarga Kardashian yang kini terjerumus dalam ketenaran.

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar